Alfauzan, S.Ag, MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bicaralah Seperlunya

Bicaralah Seperlunya

Kong Hu Cu atau Confucius adalah seorang maha guru, pemikir yang bijak, juga seorang filsuf Sosial Tiongkok, Filsafahnya yang sangat mementingkan sisi moralitas, mengungkapkan kalimat bijak berikut ini :

"Manusia unggul selalu rendah hati saat berbicara, tetapi selalu luar biasa dalam tindakan".

Sungguh menakjubkan apa yang di sampaikan Kong Hu Cu di atas, sebagai bahan renungan dan introsfeksi bagi kita dalam berbicara. berbahasa dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang Cong Hu Cu sampaikan, bahwa Manusia yang unggul dan berkualitas akan terlihat dari cara, gestur, intonasi serta konten yang disampaikan, terasa penuh gizi, berbekas dan berkelas, karena akan terlihat dari kebersahajaan dan kerendah hatiannya dalam bertutur dengan penuh hikmah.

Selanjutnya, orang yang unggul itu pasti tindakan dan capaian prestasinya luar biasa dan mencengangkan, karena pembuktian sesungguhnya seseorang yang unggul dan hebat itu, terlihat dari karya yang dihasilkannya.

Di samping itu, kepandaian dalam berbicara akan menunjukan jati diri seseorang, karena bahasa menunjukan bangsa, maka teruslah berbicara dengan penuh pesona dan hikmah, tetapi lihatkanlah hasil karyamu melebihi apa yang dibayangkan orang tentang dirimu

Jika seseorang hanya pandai berbicara sementara hasilnya tidak ada, maka dipastikan kamu akan menjadi bahan pembicaraan orang lain yang akhirnya menimbulkan ketidak percayaan pada dirimu

Maka upayakanlah berbicara sesuai dengan kenyataan, maka dipastikan akan membuat orang lain makin takjub padamu.

Sebaliknya terlalu banyak bicara, namun hasilnya tidak ada, tentu akan menjadi preseden buruk bagimu, sehingga pada akhirnya akan merugikan dirimu sendiri.

Maka berbicaralah seperlunya namun hasilnya melampaui apa yang di bayangkan orang lain tentang dirimu, maka itu adalah sebuah lompatan yang akan membuat dirimu makin diperhitungkan dan disegani.

Kebanyakan di tengah kehidupan nyata orang yang terlalu banyak bicara, adalah sebagai cara lain baginya untuk menutupi kelemahan dan siapa dirinya yang sesungguhnya.

Maka bicaralah seperlunya, namun berisi dan penuh arti, sehingga akan membuat orang semakin yakin dengan dirimu ketika apa yang dibicarakan sesuai dengan kenyataan

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Alfauzan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow luar biasa, sukses buat saudaraku yang selalu wow dalam berbuat dan bertindak.

11 Jul
Balas

apanya yg wow adiak

11 Jul

Cara berbicara menentukan kualitas diri pak.

11 Jul
Balas

siap benar

11 Jul

Terima kasih pencerahanya pak..mudah mudahan teraplikasi dalam kehidupan sehari hari...

10 Jul
Balas

iya sama2 pak

10 Jul



search

New Post